March 24th, 2008



Keep Our Frienship
Jaga Persahabatan Kita

Bacaan : 1 Samuel 18 : 1-5
1
Ketika Daud habis b’bicara dengan Saul, berpadulah jiwa Yonatan dg jiwa Daud; dan Yonatan mengasihi dia seperti jiwanya sendiri. 2 Pada hari itu Saul membawa dia dan tidak membiarkannya pulang ke rmh ayahnya. 3 Yonatan mengikat p’janjian dg Daud, krn ia mengasihi dia seperti dirinya sendiri. 4 Yonatan menanggalkan jubah yg dipakainya, dan memberikannya kpd Daud, jg baju perangnya, sampai pedangnya, panahnya dan ikat pinggangnya. 5 Daud maju berperang dan sll berhsl ke mana jg Saul menyuruhnya, shg Saul mengangkat dia mengepalai para prajurit. Hal ini dipandang baik o/ seluruh rakyat dan jg oleh pegawai2 Saul.


1. Sebenarnya apa sih arti persahabatan itu???
Ø Persahabatan adalah hubungan antara dua orang atau lebih.
Ø Persahabatan adalah hubungan dimana kita akan ikut b’bahagia saat sahabat2 kita merasa bahagia. Sebaliknya kita akan merasa sedih, jika sahabat kita mengalami hal2 yang menyedihkan dan tidak menyenangkan (Seorang sahabat akan ikut merasakan penderitaan yang sedang dialami sahabatnya).
Ø Persahabatan bukan hanya hubungan yang sekedar menginginkan keuntungan.

2. Apa arti pentingnya sahabat u/ kita ???
Ø Membuat hidup lebih berwarna : melihat sesuatu dari sudut pandang yang berbeda
Ø Kita dapat saling berbagi : kl kt salah kita ditegur, seorg sahabat tidak akan mengeluh jika kt sdg menceritakan masalah2 kt.


3. Seorg sahabat punya arti yg penting dlm hidup kita. U/ itu kt perlu menjaga persahabatan kita. Caranya : jadilah sahabat yang baik karena itulah cara yg terbaik u/ membina persahabatan (intinya : mulai dari diri kita sendiri), caranya :
Ø Dasari persahabatan dengan kasih yang sejati : kasih yg sejati itu lahir dari dlm hati, gak ada kata ingin memiliki, gak ada rasa untuk menuntut/meminta. Namun persahabatan yang sejati adalah persahabatan yg didasari o/ rasa ingin membagi dan kepercayaan.
Ø Jdlah teman yang bisa dipercaya : jaga rahasia pribadi (jangan cerita ke orla), menepati janji (Penting !!! karena kalo sering ingkar janji maka sahabat kita engga akan mempercayai kita lagi.
Ø Maafkan sahabat : kalo sahabat kita punya salah mk jgn simpan dihati, selesaikan masalah/ kesalahpahaman dengan kepala dingin, bicarakan stp permasalahan secara terbuka. Wlpun sahabat kita yg salah…. Jangan pernah ragu u/ memaafkannya.
Ø Bersahabatlah dengan orang yg tepat : cari teman yg mendukung kita ke arah yang baik, jangan malah mempengaruhi sikap kita atao menjerumuskan kita ke hal2 negatif.

Amsal 18 : 24 --- Ada teman yang mendatangkan kecelakaan, tetapi ada jg sahabat yg lebih karib drpd seorang saudara.

It’s About Relationship

Roma 15 : 7 --- Sebab itu terimalah satu akan yang lain, sama seperti Kristus juga telah menerima kita, untuk kemuliaan Allah.

Dalam pergaulan, ada 2 tipe manusia :
1. Orang yang sulit untuk menjalin hubungan dg org lain
Penyebabnya : takut orang lain ngga bs menerima keberadaan dirinya yg sebenarnya.
2. Orang yg mudah bergaul dg orang yang memiliki beragam karakter dan biasanya mudah menyesuaikan diri dengan lawan bicaranya.

Apa kunci persahabatan yg berhasil dalam Tuhan :
Menerima sohib apa adanya (termasuk karakter/kebiasaan buruknya). Ketika kita menerima orla apa adanya mk God jg pasti akan menerima kita apa adanya.

Hubungan kita dengan orla mrp gambaran dari hub kt dg Tuhan artinya : ada keterkaitan diantara ke 2nya.
Ø Menepis konflik : konflik pasti ada tp kt berusaha sebisa mungkin u/ tdk memperpanjangnya. Semakin bny konflik semakin kt bs membangun dan menutupi kekurangan sohib kt. Orang yg seperti ini itu akan berush mjd sohib terbaiknya Tuhan karena begitu ada konflik (dosa) kt tidak menutupinya dihadapan Tuhan.

Persahabatan Daud dg Yonatan adalah gambaran hub erat Daud dg Allah. Sejak muda, Daud membangun prinsip hidup untuk selalu bergaul karib dg Allah. Daud tidak hny menjadikan Allah sebagai Tuhan dan Raja, ttp jg sahabat. Hasilnya : Daud adalah org yg menyenangkan u/ dijadikan sahabat.


Apa yg paling dibutuhkan dari sifat seorang sahabat :
Ø Seorg yg dpt dipercaya
Ø Pengertian
Ø Memberikan support saat kita down
Jadilah seorang pribadi yg menyenangkan bukan hanya di hadapan manusia ttp juga dihadapan Allah.

Tidak ada komentar: