April 4th, 2008

Mengapa Bersyukur ?
Kami selalu mengucap syukur kepada Allah, Bapa Tuhan kita Yesus Kristus,
setiap kali kami berdoa untuk kamu
(Kolose 1:3)

Orang Kristen sering sekali mengadakan Ibadah ucapan syukur. Ucapan syukur karena ulang tahun, masuk rumah baru, panen, kenaikan pangkat / gaji, lulus sekolah, dstnya. Semua ucapan syukur ini dilandasi oleh sukacita karena berkat Tuhan dalam kehidupan pribadi atau keluarga. Dan senantiasa ditandai dengan jamuan makan dari sederhana sampai yang besar-besaran. Paulus juga bersyukur kepada Allah, Bapa dari Tuhan Yesus Kristus (ay 3). Ia bersyukur karena ia dan rekan-rekannya telah mendengar (ay 4). Jadi dasar bersyukur karena mendengar berita. Apa yang mereka dengar? Ada 2 hal.
Pertama, Paulus dan teman-teman pelayanannya telah mendengar tentang iman jemaat dalam Yesus Kristus. Inilah dasar utama Paulus bersyukur. Pertumbuhan iman jemaat dalam Kristus merupakan sumber sukacita Paulus sehingga ia bersyukur kepada Allah. Kedua, tentang kasih jemaat. Paulus bersyukur karena mendengar kebaikan hati jemaat Kolose terhadap semua orang kudus. Perbuatan jemaat membuat Paulus bersyukur. Dari kedua dasar ini kita melihat bahwa sumber Paulus bersyukur bukan karena ia diberkati Tuhan tetapi karena ia mendengar kabar tentang pertumbuhan iman dan kasih jemaat.
Bersyukur seperti yang dicatat di awal merupakan hal-hal baik yang umum dilakukan oleh manusia di bumi ini. Tetapi hari ini Paulus mengajak kita untuk bersyukur kepada Tuhan dengan alasan yang berbeda. Bersyukur karena orang lain yang bertumbuh imannya dalam Kristus. Bersyukur karena mendengar perbuatan baik orang lain terhadap sesama anggota gereja. Bagaimana caranya Paulus bersyukur? Ia dan teman-temannya bersyukur dengan cara berdoa selalu (ay 3). Maukah kita bersyukur selalu lewat doa kepada Tuhan karena kasih Tuhan yang nyata kepada orang lain? - Vic

Tidak ada komentar: