LAPAR dan HAUS akan KEBENARAN


Lapar dan haus akan kebenaran adalah sebuah ambisi yang kudus yang ditujukan kepada Tuhan (ini adalah ungkapan manusia kepada Tuhan).
1.   Rasa Lapar dan Haus akan Kebenaran : menggambarkan kebutuhan yang harus segera dipenuhi (coz ini merupakan salah satu kebutuhan primer/ kebutuhan mutlak). Jadi manusia adalah makhluk berTuhan (bukan makhluk Tuhan yang paling sexy … kayak lagunya Miss Mulan Jameela … xixixi) yang mempunyai rasa butuh di dalam roh manusia untuk selalu haus dan lapar akan kebenaran. For example: Lukas 15:16à perumpamaan anak yang hilang. Dikatakan bahwa si bungsu lapar dan ingin mengisi perutnya … ini berarti si bungsu butuh makanan. Kenapa si bungsu bisa mengalami keadaan seperti itu? Karena ia jauh dari bapanya (dalam arti rohani, jauh = dosa, karena dosa maka orang jauh dari Tuhan), jadi apa saja dimakan. Dalam Yesaya 55:2à membelanjakan uang untuk sesuatu yang bukan roti (roti dalam arti rohani Firman Tuhan).
2.   Merasa sangat lapar karena Tuhan maksudnya adalah sangat-sangat membutuhkan Tuhan. For example : Konsep daripada Tuhan adalah kalau kita tidak mencari Tuhan maka kita bisa mati. Kalau konsep pada umumnya : misal kita lagi rapat dan karena sibuk kita tidak bisa makan dan saking lapernya makan apa aja juga oke, nasi+kerupuk+sambel terasi pun … rasanya maknyussss. Lapar dan haus akan kebenaran bukan soal kenikmatan/kudapan tetapi soal hidup dan mati (Maz 63:2).
3.   Merindukan seluruh kebenaran maksudnya adalah Tuhan ingin membuat kita sempurna dengan tujuan merindukan kebenaran yang sepenuhnya.

Ciri-ciri anak Tuhan yang haus dan lapar akan kebenaran:
1.   Mau hidup benar (Ayub 17:9) karena membutuhkan Tuhan (orang benar “tetap” pada jalannya). Anda akan cukup luhur dikala kita jatuh dalam dosa tetapi masih mampu untuk mendengar suara Tuhan dalam hati anda dan anda mau berjuang untuk keluar dari jurang dosa.
2.   Roh Kudus memimpin kita kepada seluruh kebenaran (Yoh 6:13)
3.   “YA” bagi kebenaran (2 Kor 1:17-21) sebab Kristus (kebenaran) adalah ya bagi semua janji Allah (tegas bagi semua janji Allah)

Tidak ada komentar: