WWJ ... Walk With Jesus


Yesaya 45:2 à Aku sendiri hendak berjalan di depanmu dan hendak meratakan gunung-gunung, hendak memecahkan pintu-pintu tembaga dan hendak mematahkan palang-palang besi.
Mengapa Tuhan mau berjalan di depan kita? Karena di depan kita ada rintangan. Dan semua yang yang Tuhan perintahkan itu untuk kepentingan kita. Ada 2 contoh di dalam Alkitab:
1.   Raja Yoram à Raja Israel
Lihat dari sikapnya: “aku saja yang berjalan di depan” MyEm0.Com
2 Raja-Raja 6:30à Tatkala raja mendengar perkataan perempuan itu, dikoyakkannyalah pakaiannya; dan sedang ia berjalan di atas tembok, kelihatanlah kepada orang banyak, bahwa ia memakai kain kabung pada kulit tubuhnya. 
Ceritanya, pada waktu itu Samaria dikepung oleh tentara Aram sehingga di Samaria terjadi kelaparan.
Dikoyakkan pakaiannya, memakai kain kabung artinya Raja Yoram sedang berkabung. Cuman waktu dia menghadapi keadaan tersebut dia tidak bisa bertahan (karena Raja yoram berdiri di depan = mengandalkan diri sendiri) karena melihat adanya banyak masalah yang begitu besar namun walaupun Raja Yoram berkabung tetapi tidak disertai pertobatan (2 Raja-Raja 6:31 à Lalu berkatalah raja: "Beginilah kiranya Allah menghukum aku, bahkan lebih dari pada itu, jika masih tinggal kepala Elisa bin Safat di atas tubuhnya pada hari ini.")MyEm0.Com Raja Yoram menjadi sesumbar sehingga dia secara tidak langsung sudah berbuat dosa. Padahal 1 Petrus 4:1 à Jadi, karena Kristus telah menderita penderitaan badani, kamupun harus juga mempersenjatai dirimu dengan pikiran yang demikian, --karena barangsiapa telah menderita penderitaan badani, ia telah berhenti berbuat dosa. Tetapi Raja Yoram tidak menyadari kesalahannya, bahkan dia cenderung menyalahkan Tuhan dan tidak mau berharap lagi kepada Tuhan (2 Raja-Raja 6:33 à … mengapakah aku berharap kepada Tuhan lagi?). Padahal Tuhan punya mau yaitu supaya Raja Yoram tetap diam dan tetap tenang (Yesaya 30:15 à … dengan bertobat dan tinggal diam kamu akan diselamatkan, dalam tinggal tenang dan percaya terletak kekuatanmu). Yoram tidak tahu bahwa keesokan harinya Tuhan menyatakan mujizatNya. Tuhan membuat tentara Aram lari tanpa membawa harta bendanya. Namun Raja Yoram tetap tidak mau bertobat, tidak mau mengakui pertolongan Tuhan (2 Raja-Raja 7:12 à Sekalipun masih malam, raja bangun juga, lalu berkata kepada para pegawainya: "Baiklah kuterangkan kepadamu apa maksud orang Aram itu terhadap kita. Mereka tahu bahwa kita ini menderita kelaparan, sebab itu mereka keluar dari tempat perkemahan untuk menyembunyikan diri di padang, sambil berpikir: Apabila orang Israel keluar dari dalam kota, kita akan menangkap mereka hidup-hidup, kemudian kita masuk ke dalam kota.")
2.   Raja Yosafat à Raja Yehuda (ciri orang yang mempersilakan Tuhan untuk berjalan didepannya).
a)   2 Tawarikh 20:3 à Yosafat menjadi takut, lalu mengambil keputusan untuk mencari Tuhan. Ia menyerukan kepada seluruh Yehuda supaya berpuasa.MyEm0.Com
Diceritakan : Yosafat menjadi takut karena bani Moab, bani Amon dan orang-orang Meunim datang untuk menyerang Yehuda, namun Yosafat mengambil keputusan untuk mencari Tuhan artinya Raja Yosafat mengadukan, melaporkan, menundukkan diri kepada Tuhan. Lalu apa yang diperoleh Raja Yosafat dengan mencari Tuhan? Yesaya 45:19 àtidak pernah Aku menyuruh keturunan Yakub mencari Aku dengan sia-sia. Jadi intinya, orang yang mencari Tuhan dengan sungguh-sungguh itu tidak akan sia-sia.
b)   2 Tawarikh 20:12b à … karena kami tidak mempunyai kekuatan untuk menghadapi laskar yang besar ini, yang datang menyerang kami.
Yosafat mengakui ketidak berdayaan, tapi kalau mau bermegah, bermegahlah karena Tuhan (Yeremia 9:23-4 à Beginilah firman TUHAN: "Janganlah orang bijaksana bermegah karena kebijaksanaannya, janganlah orang kuat bermegah karena kekuatannya, janganlah orang kaya bermegah karena kekayaannya, tetapi siapa yang mau bermegah, baiklah bermegah karena yang berikut: bahwa ia memahami dan mengenal Aku, bahwa Akulah TUHAN yang menunjukkan kasih setia, keadilan dan kebenaran di bumi; sungguh, semuanya itu Kusukai, demikianlah firman TUHAN.").
c)   2 Tawarikh 20:12c à kami tidak tahu apa yang harus kami lakukan, tetapi mata kami tertuju kepadaMu. MyEm0.Com
Yosafat mengakui ketidak berdayaannya karena pikiran Yosafat (termasuk juga pikiran kita) tidak sama dengan pikiran Tuhan, namun mata bangsa Yehuda tetap tertuju pada Tuhan. Kalau ada teguran dari Tuhan berarti ada penyebabnya mengapa sampai bisa ditegur. Ex: Jemaat Galatia yang tidak menomor satukan Tuhan Yesus, padahal Paulus sudah melukiskan Tuhan Yesus secara gambalang sebagai terang. Namun jika kita adalah orang yang selalu dituntun Tuhan maka mau tidak mau kita harus menjadikan Tuhan Yesus sebagai Tuhan yang selalu dipikirkan/ selau dibayangkan.
d)   2 Tawarikh 20:18 à lalu berlututlah Yosafat dengan ukanya ke tanah. Seluruh Yehuda dan penduduk Yerusalem pun sujud dihadapan Tuhan dan menyembah kepadaNya.
Sujud = berlutut = menyembah = worship = suatu sikap/ penghormatan kepada seseorang yang superior. MyEm0.Com
e)   2 Tawarikh 20:20 à percayalah kepada Tuhan, Allahmu dan kamu akan tetap teguh! Percayalah kepada nabi-nabiNya dan kamu akan berhasil. 
Yosafat membangun kepercayaan seluruh Yehuda melalui kata-kata iman yang dapat menguatkan dan memotivasi orang lain. MyEm0.Com

MyEm0.Com
# Every trial is call to pray
# Every burden is a bridge to God
# Every difficulty is an invitation to bow down
# Each make us closer to God

Tidak ada komentar: